Dalam mengimplementasikan nilai dan peran guru penggerak, ada beberapa aksi nyata yang saya lakukan di sekolah dan di luar sekolah. Pertama, sebagai upaya menerapkan nilai Berpihak Pada Murid, saya melakukan pendekatan permainan sebagai upaya memenuhi kebutuhan dasar anak mendapatkan kesenangan (fun) dalam belajar. Saya menggunakan permainan SCRABBLE dalam menambah penguasaan kosakata (vocabulary) murid saya. Selain itu, saya juga berusaha mengakomodir kodrat zaman murid saya. Anak-anak Generasi Z sangat dekat sekali dengan penggunaan gawai dan akses internet. Oleh karena itu saya memakai permainan Scrabble Online untuk media penguasaan kosakata.
Penggunaan media scrabble di kelas Bahasa Inggris menarik perhatian murid. Antusias mereka terlihat dari partisipasi semua murid di kelas. Muncul pertanyaan dan kemauan untuk mencari kata dalam bahasa Inggris dari kamus mereka. Terlihat raut wajah murid yang penasaran dan beberapa tertawa saat permainan berlangsung. Kegiatan kolaborasi siswa juga terlihat dari beberapa orang yang saling membantu rekannya yang masih belum terbiasa dengan permainan itu. Ada juga murid yang bertanya arti kata yang dipakai rekannya di permainan itu. Proses ini mengindikasikan adanya penguasaan kosakata baru yang didapat dari permainan tersebut.
0 comments:
Post a Comment