Dalam kegiatan Supervisi Akademik berbasis Coaching, saya melakukan supervisi terhadap rekan sejawat yaitu Ibu Mahrita, S.Pd. Beliau mengampu pelajaran Kimia di kelas 10 di SMAN 1 Kotabaru. Adapun kegiatan ini terdiri dari tiga tahap yaitu Pra-Observasi, Observasi, dan Pasca Observasi.
Dalam kegiatan Pra-Observasi, saya melakukan percakapan untuk mengetahui rencana kegiatan pembelajaran yang akan disajikan di kelas. Saya menanyakan tentang tujuan pembelajaran, kompetensi sosial emosional yang akan diajarkan serta area pengembangan yang akan dicapai melalui model dan strategi pembelajaran yang dipersiapkan.
Dalam kegiatan Observasi, saya mengamati bagaimana kegiatan awal, inti, dan penutup dilaksanakan dengan baik. Saya mengamati dukungan guru dalam melakukan diferensiasi proses pembelajaran dan pendampingan intensif terhadap murid yang masih memerlukan bantuan lebih untuk memahami materi pelajaran yang disajikan.
Setelah proses observasi di kelas selesai, saya melakukan Pasca Observasi. Kami melakukan refleksi bersama dengan percakapan berbasis coaching menggunakan alur TIRTA untuk mengetahui keunggulan dan tantangan dari strategi ataupun metode yang diterapkan.
0 comments:
Post a Comment