JURNAL REFLEKSI MODUL 1.3
Nama CGP : DIAN MARDHIKA
Six Thinking Hats (Teknik 6 Topi)
FAKTA |
PERASAAN |
-
Seorang guru harus memiliki visi tentang murid dan ekosistem sekolah -
Inkuiri Apresiatif (IA) adalah sebuah paradigma manajemen perubahan
yang bersifat kolaboratif untuk menemukan hal positif dalam diri sesorang
maupun sebuah organisasi. Dilaksanakan melalui pendekatan prakarsa perubahan
BAGJA (Buat pertanyaan , Ambil pelajaran, Gali mimpi, Jabarkan
rencana, Atur eksekusi) -
Berpikir pada aset (modal, kekuatan) bukan berpikir defisit
(kelemahan, kekurangan)
|
Perasaan sangat
senang dan tertantang setelah belajar bagaimana membuat VISI dan membuat
prakarsa perubahan lnkuiri Apresiatif (IA) dan penerapan kanvas BAGJA |
HAL-HAL POSITIF |
KENDALA, HAMBATAN,
RESIKO |
-
Pengetahuan baru mengenai kanvas BAGJA untuk membuat prakarsa
perubahan -
Pengetahuan baru bahwa guru harus memiliki visi yang menggugah dan
luas sehingga mampu mewujudkan profil pelajar Pancasila dalam diri muridnya - Kegiatan kolaborasi sangat penting dalam membuat gagasan hebat dan menyelesaiakan persoalan dengan baik |
-
Pengetahuan baru memang memerlukan waktu dan usaha untuk
mengaplikasikannya -
Merubah budaya sekolah memang tidak mudah. Adanya penolakan atau partisipasi
warga sekolah yang rendah. |
JABARKAN IDE-IDE |
TARIK KESIMPULAN/AMBIL
KEPUTUSAN |
-
Saya akan menggunakan kanvas prakarsa perubahan BAGJA untuk membuat
terobosan baru dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) seperti meningkatkan partisipasi
dan motivasi belajar siswa terhadap pelajaran Bahasa Inggris - Saya akan menggunakan kanvas prakarsa perubahan BAGJA untuk membuat perubahan positif terhadap budaya sekolah seperti kegiatan literasi dan praktik baik lainnya |
Sebuah keberhasilan tidak akan terwujud kecuali kita mau memulai perubahan lewat aksi nyata. Kanvas BAGJA sebagai prakarsa perubahan bisa dijadikan parameter kegiatan yang terukur dan terarah dan membantu mencapai tujuan yang kita inginkan dengan efektif dan efisien. |
0 comments:
Post a Comment